Pentingnya Memperhatikan Mesin Motor Terutama Busi Motor

 

Ini pengalaman pribadi saya ketika saya tidak merawat motor saya sendiri. Merawat motor bukan hanya di cuci dan dijaga saja, tetapi kita juga harus memperhatikan kondisi mesin yang ada di motor. Dari mulai oli mesin, busi, aki, lampu kendaraan, Kampas rem dan bagian kaki kendaraan, kampas kopling, filter motor sampai ke ban. Semua itu harus diperhatikan secara detail.

Punya motor itu harus dirawat baik-baik. Karena motor adalah kendaraan yang menemani kita kemanapun. Kalau kendaraannya terawat, insyaallah kita pasti aman dan selamat di jalan. Merawat motor dengan baik tidak hanya meningkatkan masa pakainya, tetapi juga mengurangi kemungkinan kerusakan dan perbaikan mahal di masa depan. Ingatlah, perawatan motor yang baik adalah investasi jangka panjang dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Segala macam aset yang kita punya tentu membutuhkan perawatan untuk bisa menjaga performa nya tetap berjalan dengan baik, termasuk motor. Motor adalah salah satu jenis kendaraan bermotor yang seringkali saya gunakan untuk bepergian, baik untuk bekerja, belanja, maupun jalan-jalan di akhir pekan.

Pentingnya Service Motor Secara Rutin

Dulu saya jarang sekali untuk menservis motor saya. Selagi bisa jalan ya saya anggup aman. Pas pemakaian sudah tidak enak, saya mulai panik, ada apa dengan motor saya. Itupun masih belum saya bawa ke bengkel, tapi tetap masih saya pakai kesana kemari. Sampai akhirnya motor saya benar-benar tidak bisa menyala sama sekali alias mati total. Barulah motor saya bawa ke bengkel. Dan ternyata memang ada beberapa komponen motor yang sudah tidak layak pakai, salah satunya busi. Padahal melakukan servis motor secara rutin itu sangat penting. Salah satunya untuk meremajakan kinerja mesin sepeda motor. Baik sepeda motor injeksi maupun karburator, keduanya tentu membutuhkan servis motor.

Busi Motor Komponen Paling Penting 

Dan saya juga baru tahu ketika motor saya benar-benar rusak tidak bisa menyala lagi. Ternyata Busi adalah komponen yang sangat penting dalam sistem pengapian kendaraan, yang memungkinkan pembakaran campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang pembakaran mesin. Oleh karena itu, memilih dan merawat busi dengan baik adalah kunci utama dalam menjaga performa kendaraan kita.

Salah satu parameter dalam terciptanya proses pembakaran di ruang bakar adalah adanya sistem pengapian. Sistem pengapian terdiri dari busi, kabel busi dan koil. Karena vitalnya peran busi, maka apabila kondisi busi yang tidak ideal dapat berdampak terhadap kinerja mesin. Seiring berjalannya waktu, busi pada motor akan mengalami penurunan performa. Ketika kondisi busi kendaraan sudah tidak ideal, maka kita perlu menggantinya. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang tepat dalam mengganti busi motor, diantaranya:

Jarak tempuh penggantian busi

Buku servis menjelaskan kapan busi harus segera diganti. Biasanya jadwal penggantian busi yang dianjurkan adalah setiap 8.000 km. Penggantian harus tetap dilakukan pada jarak tersebut walaupun busi masih bisa berfungsi dengan baik.

Motor susah dinyalakan

Kondisi busi yang sudah tidak ideal dapat menyebabkan sistem pengapian menjadi terganggu. Sistem pengapian bermasalah dikarenakan kondisi busi sudah buruk, Kendaraan tidak akan bisa menyala karena tidak ada percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Apabila Anda mendapati masalah seperti ini maka perlu dilakukan pemeriksaan pada busi motor.

Mesin motor tidak stabil

Penurunan performa pada busi juga bisa terjadi ketika busi tidak konsisten dalam memercikan api. Hal ini akan berdampak terhadap pembakaran diruang bakar menjadi tidak stabil sehingga mesin tiba-tiba terasa mau mati, namun setelah itu mesin kembali beroperasi normal.

Suara mesin kasar

Mesin kendaraan akan terdengar kasar apabila proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar berlangsung secara abnormal. Salah satu penyebabnya adalah adanya kerak yang menumpuk pada busi sehingga dapat menurunkan kinerja dari sistem pengapian. Hal inilah yang menyebabkan suara mesin motor menjadi lebih kasar.

Nah....semenjak saya bawa motor ke bengkel saya jadi tahu banyak tentang mesin. Jadi kalau jarak tempuh motor sudah mencapai usia busi, maka segera lakukan penggantian busi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang perlu diingat kalau motor juga membutuhkan beberapa perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Selain dapat memelihara fisik luar motor dengan mencuci, pemeliharaan mesin juga harus diterapkan, mengingat mesin adalah komponen paling penting dari sebuah motor. Sebagian orang mungkin masih seperti saya, merasa malas akan kewajiban ini. Padahal ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika mesin motor dirawat setiap saat. 

Untuk harga busi motor bervariatif, tetapi saran saya lebih baik beli busi ditempat yang terpercaya. Saya sudah menemukan tempat yang tepat untuk merawat motor saya bagian dalam. Planet ban memang memuaskan. Selain dekat rumah servis motor ataupun pembelian sparepart motor ataupun busi kita akan mendapatkan beberapa keuntungan yaitu:

  • Gratis pemasangan 
  • Gratis cek motor
  • 100% produk asli.

Nah...Itulah dimana pentingnya merawat mesin motor, salah satunya untuk mencegah mogoknya kendaraan kita. Dengan perawatan ringan seperti memanaskan mesin motor sebelum berangkat, rutin mengganti oli sebulan sekali, dapat membuat mesin kita tetap terjaga performanya dan jauh dari yang namanya mogok.

Dengan terawatnya motor kita, maka kita bisa menggunakannya untuk masa yang cukup lama. Meski digunakan dalam periode waktu yang panjang, kita masih bisa menggunakannya dengan normal dan lancar seperti biasanya. Pemeliharaan yang rutin ke bengkel juga dapat mempertahankan performa motor, sehingga motor akan jadi lebih awet masa penggunaanya.




Komentar

  1. Kayanya motor dirumah perlu di bawa ke bengkel pengen di servis sama ganti oli udah setahun ga ganti oli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus kebengkel biar aman berkendara dan enak dipakai

      Hapus
  2. Bener kadang kita lupa busi motor terlupakan intinya soh service rutin bagi kendaraan bermotor itu hal wajib sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess wajib banget, demi keselamatan kita juga ya dlm berkendaraan di jalan

      Hapus
  3. Sering banged nemuin kasus motornya nggak bisa diidupin, ternyata penyebabnya gara2 busi kotor.. Keliatannya sepele padahal penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, pengalaman aku kayak gini, berujung malah jadi rusak parah dan harus turun mesin

      Hapus
  4. Bener banget, pernah ganti busi sendiri malah ga karuan, akhirnya skrng ke bengkel terus sekalian perawatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan malah jadi dua kali kerjaan ya, emang paling bener kalau ke bengkel aja

      Hapus
  5. Jadi tahu ini Busi salah satu penyebab motor ga mau hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena busi memiliki peran penting di motor

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog saya.
Saya sangat senang jika anda meninggalkan pesan pada postingan ini.
Terimakasih